Saya Beruntung Menjadi Karyawan?
Published On 31/01/2013 » 758 Views» By mimin » Berita, Featured
 0 stars
Register to vote!

Bagi Anda yang bekerja di sebuah perusahaan, pernahkah berpikir untuk tergabung menjadi anggota koperasi? Karena ternyata menjadi anggota koperasi memiliki banyak keuntungan lho.Apa sebenarnya manfaat koperasi? Keuntungan seperti apa yang akan diperoleh karyawan ketika sebuah koperasi didirikan di perusahaan? Benarkah, ketika koperasi didirikan, adalah sebuah jaminan kesejahteraan akan diperoleh anggota?

Sejatinya, saat Muhammad Hatta melahirkan konsep koperasi, kesejahteraan bagi anggota adalah tujuan utamanya.Mungkin banyak hal yang harus diluruskan dari citra sebuah koperasi karyawan. Banyak orang yang menganggap koperasi karyawan adalah tempat kita bisa menyicil barang dan berhutang. Namun sebenarnya, koperasi memiliki fungsi lain yang bisa membuat para karyawannya sejahtera.

Menurut Hendri Hartopo, dalam bukunya Saya Beruntung Menjadi Karyawan, koperasi bisa menjadi tempat untuk berinvestasi bagi karyawan. Apakah itu investasi tidak langsung dalam bentuk simpanan maupun investasi langsung dalam bentuk perusahaan. Dalam koperasi dikenal istilah SHU (Sisa Hasil Usaha) yang dalam perusahaan dikenal sebagai dividen, imbal jasa atas modal.

Anda dapat bekerja dengan lebih tenang karena memiliki investasi atau tabungan yang berkembang dan memiliki perusahaan yang dikelola oleh manajemen sendiri, dengan pasar atau konsumen yang sudah jelas dalam kelompok tertentu.

Ada beberapa keuntungan koperasi yang bisa menyejahterakan karyawannya. Pertama, koperasi bisa membebaskan anggotanya dari lilitan utang yang mahal. Kedua, koperasi bisa memberikan tingkat bunga simpanan yang lebih besar. Ketiga, koperasi bisa menjadi tempat arisan! Keempat, melalui koperasi kita bisa mendapatkan barang lebih murah.

Manfaat Menjadi Anggota Koperasi

Manfaat menjadi anggota koperasi dibagi menjadi 2 yaitu :

1. Keuntungan Ekonomis

a.  Peningkatan Skala Usaha
Koperasi memberikan kesempatan kepada anggota untuk menjual atau membeli barang   atau jasa secara bersama-sama, sehingga biaya yang timbul menjadi rendah

b.  Pemasaran
Koperasi menampung hasil produksi anggota dan menjualnya ke pasar sehingga biaya yang dikeluarkan oleh setiap anggota menjadi lebih rendah dibanding menjual sendiri.

c.  Pengadaan Barang dan Jasa
Koperasi menyediakan barang dan jasa kebutuhan anggota, sehingga memungkinkan anggota untuk mendapatkan barang dan jasa dalam jumlah yang baik dan harga yang murah

d.  Fasilitas Kredit
Koperasi memberikan kemudahan bagi anggota yang membutuhkan fasilitas kredit dalam bentuk proses yang cepat, jaminan yang ringan dan bunga yang rendah. Hal ini dapat dilakukan karena anggota adalah pemodal (pemilik) yang sekaligus pengguna.

e.  Pembagian Hasil Usaha
Sebagai anggota pembagian SHU dihitung berdasarkan transaksi dan partisipasi modal yang telah kita lakukan terhadap koperasi.

2. Keuntungan Sosial

a.  Keuntungan Berkelompok                                                                                .
Gerakan Koperasi memiliki potensi untuk mempengaruhi kebijakan ekonomi yang dikeluarkan oleh pengambil keputusan.

b.  Pendidikan dan Pelatihan
Hal tersebut dapat meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan ketentraman dalam berkoperasi.

c.  Program Sosial lainnya

Agar terpupuk rasa kesetiakawanan antar anggota, maka koperasi dapat menyelenggarakan kegiatan asuransi, perumahan, jasa kesehatan, tunjangan hari tua dan lain sebagainya, jika koperasi sudah maju. Bagi Anda yang bekerja di sebuah perusahaan, pernahkah berpikir untuk tergabung menjadi anggota koperasi? Karena ternyata menjadi anggota koperasi memiliki banyak keuntungan.

Jadi kenapa tidak bergabung dengan koperasi saja???

Permasalahan yang seringkali muncul dalam koperasi adalah banyak anggotanya yang tidak mau menabung, melainkan hanya ingin berhutang. Selain itu, kegagalan dalam koperasi kebanyakan dikarenakan pengelolaan yang tidak profesional, melainkan hanya sebagai sampingan. Cobalah ubah sudut pandang Anda dalam menilai dan memandang koperasi dan Anda pun bisa menjadi karyawan yang sejahtera. (Mimin)

Share this post
Tags

About The Author

Comments are closed.